COMPANY PROFILE

      Berdirinya PT. TUPRO BANGUN INDONESIA tidak terlepas dari proses alih teknologi TUPRO dari Jepang ke Indonesia. Dikembangkan pertama kali di Jepang dengan nama “ブランチブロック工法” (Branch Block Method), yaitu turap batu dengan pengikat blok beton. Merupakan dinding penahan tanah/bersandar dengan titik kekuatannya: (1) Blok beton sebagai pengikat susunan batu. (2) Beton satu dengan yang lain tidak disambungkan dengan ikatan mati (hanya saling menempel/ lapping). (3) Batu ditata dengan seni menyusun batu ala Jepang  “Ishizumi method” yang membuat struktur stabil, kokoh dan tidak mudah lepas. 

 

      Kami adalah para profesional yang sangat khusus dilatih dalam hal merancang dan mengembangkan solusi anti longsor yang kompleks. Jaringan kami baik di Indonesia maupun Jepang tumbuh melalui inovasi dan diversifikasi dari aktivitas pada tiap sektor dan melalui peningkatan produk dan aplikasi yang berkualitas tinggi dan ramah lingkungan. Kami tidak hanya sekedar menjual produk semata, melainkan kami juga berusaha untuk menjadi referensi teknik terdepan dalam hal merancang dan mengembangkan proyek masa depan. Kami sangat berkomitmen untuk memecahkan masalah-masalah klien kami dengan memberikan solusi yang lebih baik dengan selalu mendengarkan dengan penuh perhatian, inovasi dan kolaborasi. 

 

      Integritas perilaku dan komitmen dalam semua kegiatan  serta mematuhi semua peraturan yang berlaku adalah nilai-nilai kami. Untuk memenuhi tantangan masa depan, dimulai dari diperkenalkannya pertama kali TUPRO oleh Yosimura San kemudian dikembangkan di Indonesia oleh kami. Sejak 2017 kami eksis mengenalkan TUPRO di Indonesia, sampai terbentuk jaringan yang terbina hingga saat ini. Sekali lagi kami selalu berusaha untuk berinovasi untuk mencari kemajuan yang lebih baik, itulah kami, Tim TUPRO.

 

      PT. PLN (persero) menjadi klien pertama yang mempercayakan kami dalam pemasangan anti longsor TUPRO di PLTM Baubau, Sulawesi Tenggara. Pemasangan ditujukan untuk mencegah longsor di lereng bukit di sekitar PLTM tersebut. Seiring berjalannya waktu TUPRO mulai dikenal dan sudah dipasang di beberapa lokasi di Indonesia, terutama untuk proyek-proyek pembangkit listrik tenaga air, jalan tol maupun Kawasan industri yang membutuhkan penanganan khusus untuk pencegahan tanah longsor.

 

      Pada awalnya metode TUPRO ini dipilih karena sebagai solusi alternatif ketika metode lain tidak berfungsi secara maksimum ataupun tidak bertahan lama, namun saat ini sudah mulai banyak yang mengerti tentang kelebihan TUPRO, sehingga menjadikannya pilihan utama dalam solusi pencegahan tanah longsor. Selain kokoh, TUPRO memiliki kelebihan lain yaitu indah dan ramah terhadap lingkungan. Metode ini menjaga kelestarian ekosistem yang ada di lingkungan sekitarnya, seperti ekosistem mata air, tumbuhan dan hewan.

 

      “Kami akan terus berkarya dan berinovasi serta menfokuskan diri dibidang geoteknik, sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam pembanguan Indonesia serta mengurangi dan mencegah terjadinya bencana tanah longsor”, ujar Solihin selaku Presiden Direktur PT. Tupro Bangun Indonesia. Dan kini TUPRO siap menjadi solusi dalam penanganan longsor yang sering terjadi di Indonesia. 

 

VISI 

Menjadi perusahaan terdepan solusi anti longsor, kokoh dan ramah lingkungan di Indonesia.


 

MISI

1. Menerapkan metode TUPRO sebagai solusi anti longsor di seluruh Indonesia
2. Menjadi solusi penanggulangan longsor yang tepat

 

 

LEGALITY

PT TUPRO BANGUN INDONESIA adalah perusahaan produsen dan aplikator TUPRO, berdiri pada tanggal 28 Oktober 2019, dengan nomor Akta 21 dihadapan Notaris Novitawati Yudhianingsih, SH. Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0058395.AH.01.01. Tahun 2019.

 

 

DEWAN KOMISARIS
Dr. Ir. Suyoto Rais M.Eng

 

DEWAN DIREKSI
Solihin SE, M.Pd. (Direktur Utama)
Ir. Makmur Solahudin, M.Eng (Direktur)
Dr. Tris Sudarto, Ak, M.Si (Direktur)